Informasi Terkini :

Selamat Datang: di website resmi Desa Bungaya Kangin ( www.bungayakangin.desa.id).

Data yang masuk ke admin masih proses: Web ini akan selalu berbenah. Kunjungilah selalu dan jangan lupa ikuti forumnya
Data Perangkat Desa dan Kadus belum masuk: Akan segera di tampilkan di website
Ikutilah selalu : Forum desa,sampaikan segala hal yang menyangkut desa
Mari kita majukan Desa Bungaya Kangin: Dengan selalu berinteraksi di forum desa dalam website ini

Lambang Desa Bungaya Kangin

Diposting Tgl.10 September 2016 ( diperbaharui: 06 July 2017 12:08:34.)
lambang Desa Lambang Desa adalah merupakan simbul ,cermin atau gambaran kehidupan masyarakat disuatu tempat yang tinggal di suatu desa, dengan melihat gambar atau Lambang desa maka akan dapat membayangkan kebiasaan cara kehidupan dalam suatu desa dengan karakter dominasi kebiasaan aktipitas masyarakat di desa setempat.

Makna yang terkandung dalam lambang Desa Bungaya Kangin ;

1.Segi Lima berwarna Hijau :

Desa Adat dan Desa Dinas Bungaya Kangin selalu berpedoman Pada dasar Negara Republik Indonesia yaitu Undang undang dasar th 1945 dan Pancasila yang mengandung 5 (lima) macam dasar pedoman hidup berbangsa dan bernegara,Warna Hijau berarti Desa Bungaya Kangin merupakan desa yang amat subur dan damai yang diujudkan oleh kerukunan umat beragama dengan penuh toleransi .

2.Bunga Teratai Merah( Pinge )dengan delapan helai :

Bunga teratai berarti Desa Bungaya Kangin selalu memuja dan memohon Anugrah dari Kebesaran Tuhan Yang maha Esa yang dimanipestasikan dengan ( Linggan Ida Sanghyang Aji saraswati ) yang selalu Memberikan Anugrah Ilmu pengetahuan ,Delapan helai berarti memimpin Desa selalu berpedoman pada Asta Brata ( Delapan pedoman Kepemimpinan ). ,Warna merah (Pinge) melambangkan ketulusan hati.

3.Dangsil berarti ;

Melambangkan pelaksanaan Upacara keagamaan Usaba Dangsil yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, maka untuk mempertahankan melestarikan Adat dan Budaya yang merupakan warisan leluhur dimana merupakan kesatuan Adat istiadat Desa Bungaya dan Bungaya Kangin menjadi satu Desa Adat .

4.Air dalam kolam berwarna Biru langit ;

Berati melambangkan bahwa Desa Bungaya Kangin memiliki banyak Potensi sumber daya Alam yang subur dan sumber daya manusia yang Perlu dikembangkan dengan menitik beratkan Sektor pendidikan ( jadi biru langit berarti mempunyai cita cita yang besar dan tinggi jadi dengan bekal ilmu pengetahuan akan dapat lebih mudah mencari celah kehidupan ).

5.Padi dan Kapas berarti ;

. Melambangkan kesuburan dan kemakmuran dimana Desa Bungaya Kangin Dengan berbekal semangat dan tekad yang besar untuk bekerja maka Rejeki akan datang sehingga tidak kurang sandang, pangan dan papan.

6.Ekor pita berarti:

. Ekor pita pengikat memiliki makna ikatan / hubungan pelaksanaan Trihita karana dimana kita selalu menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan Dewata /Tuhan ,hubungan harmonis antara manusia dg Sesama dan menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam semest beserta isinya.

7.Puspita Maha mandala berarti ;

. Puspita memiliki makna Bunga ,Maha memiliki makna Besar sedangkan Mandala mengandung makna Alam semesta jadi arti dari pada Puspita Maha Mandala adalah ;Bahwa Bunga Teratai yang amat besar tumbuh dan berkembang disuatu Desa,maka Desa kita dianugrahi dengan nama Bungaya Kangin dengan dasar kata Bunga dan Aya,jadi Desa Bungaya memiliki wilayah yang cukup luas yang amat subur dengan aneka ragam potensi sumber daya alam yang perlu dikembangkan.dimana desa Bunga Kangin merupakan hasil pemekaran dari Desa Bungaya menjadi 2 Desa Dinas Dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala daerah Tingkat I Bali Nomor :661.tahun 1991.