Informasi Terkini :

Selamat Datang: di website resmi Desa Bungaya Kangin ( www.bungayakangin.desa.id).

Data yang masuk ke admin masih proses: Web ini akan selalu berbenah. Kunjungilah selalu dan jangan lupa ikuti forumnya
Data Perangkat Desa dan Kadus belum masuk: Akan segera di tampilkan di website
Ikutilah selalu : Forum desa,sampaikan segala hal yang menyangkut desa
Mari kita majukan Desa Bungaya Kangin: Dengan selalu berinteraksi di forum desa dalam website ini

Gambaran Umum Desa Bungaya Kangin

Diposting Tgl.10 September 2016 ( diperbaharui: 06 July 2017 12:07:57.)
Dilihat dari aspek Geografis dan orbitasi, desa bungaya kangin yang merupakan salah satu dari 8 desa di kecamatan bebendem yang memiliki luas 400 ha, yang terdiri dari tanah sawah, ladang, pemukiman,dan sisanya diperuntukan sebagai tegalan yang berada diketinggian 150 m-200 m dari permukaan laut dengan kemiringan 1 m-15 m mengarah ke selatan.

Desa bungaya kangin berada peling selatan di kecamatan bebandem dimana desa bungaya kangin termasuk diradius kota amlapura, dengan batas-batas wilayah administrasi sebagai berikut :

⦁ Sebelah utara : desa bebandem
⦁ Sebelah timur : kelurahan padang kerta
⦁ Sebelah selatan : kelurahan subagan
⦁ Sebelah barat : desa bungaya

sedangkan penduduk desa bungaya kangin per desember 2010 berjumlah 6189 jiwa dengan penduduk laki-laki 3036 jiwa, dan penduduk perempuan 3153 jiwa menjadi 1579 kepala keluarga. Dalam efektifitas penyelenggaraan pemerintahan desa secara administrative terdiri dari 4 banjar dinas meliputi :

⦁ Banjar dinas Triwangsa
⦁ Banjar dinas kecicng bali
⦁ Banjar dinas kecicang islam
⦁ Banjar dinas abiansoan
Dan terdiri dari 5 banjar adat

Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dititikberatkan pada pelayanan pemerintah terkait, dan pelayanan masyarakat yang mengacu pada peraturan desa. Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan untuk : umum, pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan desa bungaya kangin memiliki visi dan misi.

Visinya meliputi :

⦁ Meningkatkan kualitas pelayanan aparatur pemerintahan desa yang agresif, progresif, dan luwes sehingga mampu terwujudnya desa bungaya kangin yang bersih, sehat, aman, damai, dan sejahtera.

Misinya meliputi:

⦁ Mewujudkan pemerintahan yang baik, jujur dan adil
⦁ Menggali potensi dan memberdayakan sumber daya local
⦁ Mewujudkan sarana dan prasarana yang memadai dengan adil dan merata
⦁ Meningkatkan kwalitas pelayanan mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang telah dilaksanakan sebagai berikut.

1. Penataan administrasi desa dengan mengacu pada permendagri no. 34 tahun 2007 tentang pedoman administrasi desa.

2. Tertib administrasi kependudukan melalui kegiatan sidak dan pembinaan pada penduduk pendatang dan masyarakat.

3. Memberikan motivator dalam kegiatan gotong royong dan menumbuh kembangkan swadaya masyarakat dari pembangunan fisik maupun non fisik.

4. Mendata masyarakat miskin sebagai sekala prioritas untuk mendapatkan perhatian dalam pelayanan dan bebagai kendala social dan ekonomi.

5. Mengoptimalakan lembaga-lembaga desa sebagai motivator dan panutan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat.

6. Pemerintah desa selalu berkomitmen dalam upaya menumbuh kembangkan sarana dan prasarana pendidikan sebagai sarana pencerahan dan kecerdasan masyarakat

Kebijakan khusus terkait dalam upaya pemberdayaan masyarakat diantaranya :

1. Keterlibatan secara langsung masyarakat dalam program PNPM-MP, tahun 2003 sampai sekarang desa bungaya kangin selalu mendapatkan program dan lolos dalam perifikasi di tingkat kecamatan.

2. Pendirian kelompok-kelompok ekonomi produktif seperti kelompok simpan pinjam perempuan, gapoktan dan kelompok kube tersebar di empat banjar dinas dengan mengedepankan kelompok masyarakat miskin.

3. Membentuk dan menumbuh kembangkan lembaga-lembaga masyarakat untuk turut berperan serta dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pembangunan.

Dalam mewujudkan keinginan pemerintah dan masyarakat terkait dengan pembangunan fisik maupun nonfisik dilaksanakan dalam delapan bidang indicator :

1. Bidang pendidikan

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya :

1. Pembentukan kelompok bina keluarga balita ratna di abnjar dinas abiansoan.

2. Pembentukan TK Lila Kumara di abnjar dinas kecicang bali dan al-maun di kecicang islam.

3. Pembentukan PAUD Wijaya Kumara di banjar dinas abiansoan dan PAUD Sejahtera di banjar dinas kecicang islam.

4. Menumbuh kembangkan lembaga pendidikan nonformal dalam upaya pengentasan buta aksara dan selalu memberikan dukungan moral bagi masyarakatan yang belum tamat atau putus sekolah agar dapat melanjutkan melalui pendidikan kejar paket B setara SLTP dan kejar paket C setara SLTA.

5. Dalam upaya peningkatan derajat pendidikan nonformal kami selalu berkordinasi dengan UPTD/ LPTQ kecamatan bebandem untuk dapat menumbuh kembangkan kelompok pengajian di masing-masing mosolah kecicang islam dan pembentukan pesantian-pesantian yang tumbuh dan berkembang di desa bungaya kangin sebagai wujud nyata dari pelaksanaan jnana marga yoga terkait dalam pelaksanaan keagamaan dan panca yadnya.

2. Bidang kesehatan

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya :

1. Pembentukan puskesdes dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk selalu berobat dan pemeriksaan ibu hamil di puskesmas untuk dapat menekan angka kematian ibu hamil dan balita.

2. Memberikan motivator kepada pengurus posyandu agar selalu berperan aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada balita dan lansia termasuk pemberian PMT sehingga tidak mengakibatkan gizi buruk.

3. Memberikan pembinaan dan dorongan kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap melaksanakan kebersihan dalam rumah tangga, lingkungan sekitarnya agar supaya terbiasa berada dalam lingkungan yang bersih dan sehat karena kesehatan merupakan kekayaan yang paling mahal nilainya yang tidak dapat kita ukur.

4. Menumbuh kembangkan peranan toga dimasing-masing pekarangan dalam upaya pemanfaattan pekarangan dalam penanggulangan obat alternative.

3. Bidang ekonomi

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya :

1. Program PNPM-MP. Dapat memberikan pinjaman kepada kelompok miskin untuk usaha kecil dan usaha rumah tangga dengan suku bunga cukup murah.

2. Memberikan pengawasan dan motivasi kepada kelompok gapoktan dan kube untuk selalu melaksanakan kegiatan sesuai dengan prinsip manajemen.

3. Menumbuh kembangkan sub sector pertanian, perkebunan, perdagangan, secara umum sehingga dapat menompang pendapatan perekonomian masyarakat .

4. Memberikan dukungan (melalui pelatihan) kepada kelompok pengerajin, anyaman ata, anyaman lontar, pembuatan dandang blek dan kelompok menjahit untuk selalu menjaga mutu, kwalitas sehingga mampu bersaing di pasaran sehingga pendapatan rumah tangga dapat meninggakat

4. Bidang keamanan dan ketertiban

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi :

1. Untuk menciptakan rasa aman tidak terlepas dari peran serta kita semua, karena keamanan merupakan suatu kebutuhan setiap umat manusia dengan demikian keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama.

2. Rasa aman menjadi sekala prioritas, namun untuk menciptakan rasa aman, dapat kita memulai, dari prilaku disiplin diri kita sendiri, lanjut ke lingkungan.

3. Mengadakan langkah partisipatif kepada semua komponen keamanan, seperti pamong desa, linmas hansip, pecalang dan pembuka agama dengan selalu berkoordinasi dengan para penegak hokum seperti babinkantibmas, babinsa untuk bersama-sama memberikan penyuluhan dan motivasi untuk menciptakan keamanan.

4. Peranan polisi masyarakat (polmas desa bungaya kangin selalu mengadakan kontak informasi dengan lembaga keamanan dan penegak hukum terkait dengan pengendalian keamanan lingkungan di masyarakat, sehingga desa bungaya kangin selalu aman dan kondusif.

5. Kerukunan antar umat beragama kerukunan antar umat beragama sangatlah terjalin di desa bungaya kangin, terbukti dengan adanya berbagai kegiatan keagamaan selalu kita saling menghormati dan meghargai karena inilah salah satu mudal dalam hal menjalin suatu hubungan yang harmonis karena kadang-kadang agama sering dipakai alat untuk pemecah, dan kita komitmen untuk saling menjaga keamanan dan kebersamaan. Terbukti ketika umat hindu melaksanakan hari raya penyepian umat muslim ikut terlibat didalamnya, begitu pula ketika umat muslim merayakan perayaan mauled nabi umat hindu juga ikut dilibatkan.

5 Bidang pertisipasi masyarakat

Dapat diukur dari beberapa kegiatan yaitu pertemuan /rapat ditingkat banjar, kegiatan gotong royong, dan kegiatan pemilu yang meliputi partisipasi masyarakat dalam pemilu legeslatif, pemilu presiden dan wakil presiden, pemilu kada, dan muserembang untuk kegiatan gotong royong masyarakat dapat dihitung lewat petilikan banjar adat. Beberapa upaya untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat yang telah kami lakukan diantaranya :

1. Memberikan sosialisasi pemilu melalui tahapan pemilu kepada masyarakat tentang arti penting dari demokrasi itu sendiri.

2. Mendorong partisipasi gotong royong masyarakat dalam bidang social budaya masyarakat dengan selalu mengedepankan kepentingan umum.

3. Mencatat kegiatan swadaya murni masyarakat baik dibidang fisik maupun nonfisik yang bersumber dari swadaya murni masyarakat, namun secara riil di lapangan swadaya gotong royong masyarakat lebih besar dari yang tercatat karena gotong royong merupakan kegiatan rutin dilaksanakan dalam kegiatan adat dan keagamaan dapat dievaluasi melalui absen banjar adat.

6 Bidang pemerintahan

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi : Pelaksanaan pemerintahaan desa selalu mengacu pada penjelasan undang-undang no. 32 tahun 2004 bahwa pemerintahan desa adalah pemerintahan terbawah dari tatanan pemerintahan republic Indonesia.

Mengenai sarana dan prasarana pasilitas di pemerintahan desa bungaya kangin cukup memadai serta dengan kondisi yang baik, gedung kantor desa yang dibangun tahun 1993 dengan ukuran 10 m x 11 m difungsikan sebagai centra pelayanan kepada pemerintah terkait dan pelayanan kepada masyarakat yang mana kondisinya masih layak pakai, pembangunan sarana dan prasarana pendukung seperti aula pertemuan, dan balai sekenem yang merupakan sarana yang sangat penting dalam menopang segala kegiatan pemerintahan desa dan juga dapat difungsikan sebagai balai serba guna.

Sedangkan untuk fasilitas seperti sepeda motor dinas ada dua, kondisinya cukup baik dan terawat, dua unit computer juga merupakan sarana modern dan canggih sebagai media pelayanan yang kondisinya masih cukup baik yang pengadaannya bersumber dari dana ADD. Sedangkan sarana kerja seperti almari, meja dan kursi masih layak untuk difungsikan.

7 Bidang kelembagaan

Kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi : Kelembagaan di tingkat desa merupakan mitra dan pendukung pemerintahan desa bungaya kangin sesuai dengan peraturan desa no. 01 tahun 2008 mencangkup tentang kelembagaan BPD yang ada di desa bungaya kangin di tetapkan dengan keputusan bupati kab. Karangasem meliputi :

Pengesahan BPD pertama oleh bupati karangasem no. 65 tahun 2003

Pengesahan BPD kedua (antar waktu) oleh bupati karangasem no.36 tahun 2005

Pengesahan BPD ketiga oleh bupati karangasem no. 515 tahun 2008

BPD adalah lembaga yang merupakan perujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai jalur koordinasi dalam penyelenggara pemerintahan desa.

Lembaga LPM merupakan cerminan dari seluruh lembaga yang ada serta memiliki peranan yang sangat penting dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan pembangunan. Yang dituangkan dlam program musrenbangdes, lembaga ini terdiri dari Sembilan seksi atau bidang kegiatan, LPM dibentuk dan ditetapkan dengan keputusan perbekel bungaya kangin no. 6 tahun 2006 ditetapkan pada tanggal : 22 November 2006.

8 Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK)

PKK merupakan pencerminan kaum ibu dan perempuan dalam arti luas yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam segala sapek pembangunan. sepuluh program PKK dibagi menjadi empat kelompok kerja (POKJA) dan satu bidan UP2K ditetapkan dengan sk perbekel desa bungaya kangin no. 03 tahun 2009.

Kebijakan yang diambil di bidang PKK meliputi :

1. Memfasilitasi kegiatan PKK

2. Mengeluarkan keputusan perbekel yang dapat mendorong kegiatan PKK seperti pembentukan kelompok POSYANDU, LANSIA dan kelompok BKB

3. Memberikan bantuan kepada PKK berupa ATK dan kain seragam bagi PKK desa bungaya kangin yang bersumber dari dana ADD

4. PKK desa bungaya kangin juga selalu memprogramkan raskin dengan selalu berkoordinasi dengan kelian banjar dinas untuk menentukan kelompok yang benar-benar perlu dibantu untuk mendapatkan beras raskin

5. PKK juga memprogramkan pemberian sembako kepada masyarakat miskin melalui program ADD tahun 2009 dan tahun 2010 sudah terlelisasi sejumlah 575 orang.